Kecelakaan Cipularang, Polisi Bakal Periksa Pemilik Truk


Kecelakaan Cipularang, Polisi Bakal Periksa Pemilik Truk Kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Senin (2/9). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).

 Polda Jawa Barat akan memeriksa pemilik dump truk terkait kecelakaan beruntun di Tol Cipularang Kilometer 91 arah Jakarta pada Senin (2/9) lalu. Namun pemeriksaan itu akan dilakukan pasca kepolisian selesai melakukan pemberkasan terhadap tersangka.

Diketahui dua orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni DH yang merupakan sopir dump truk nopol B-9763-UIT dan S, sopir dump truk nopol B-9410-UIU. Namun DH tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan saat ini Polda Jawa Barat sedang berusaha untuk menuntaskan pemberkasan S.


"Dari Polda Jabar saat ini fokus untuk menyelesaikan pemberkasan satu tersangka karena satu tersangka meninggal dunia. Para saksi dan penguatan hasil TKP dengan TAA dibuktikan dulu," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (5/9).

Dedi mengatakan jika pemberkasan sudah selesai maka pihaknya akan memeriksa pemilik dump truk tersebut. Namun belum diketahui apakah dump truck itu milik perorangan atau perusahaan. Saat ini polisi masih melakukan pendataan untuk hal tersebut.

"Kalau sudah tuntas pemilik truk akan diperiksa sampai sejauh mana tanggung jawabnya. Saya belum tahu pemilik perorangan atau perusahaan," tuturnya.

Diketahui dua tersangka itu membawa truk bermuatan tanah merah melebihi batas yang telah ditentukan. Dari yang seharusnya 12 ton, malah mengangkut 37 ton. Jadi kelebihannya 25 ton, atau tiga kali lipatnya.

Akibat kelebihan muatan yang cukup besar itu, daya cengkeram roda kendaraan berkurang. Apalagi lokasi kecelakaan yakni KM 97 - 90 ke arah Jakarta, kondisi jalannya berkelok dan menurun.

Kecelakaan beruntun di jalan Tol Cipularang yang melibatkan 21 kendaraan berbagai jenis. Delapan orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka dalam kecelakaan maut tersebut.


Share:

Recent Posts